Cara Setting Blackberry

Jika kita baru pertama kali menggunakan BlackBerry, tentu kita mesti melakukan settingan terlebih dahulu agar BlackBerry kita dapat berfungsi dengan normal untuk email, chatting atau browsing.Banyak yang berfikiran bahwa yang namanya PDA harus melakukan setting yang rumit, untuk pengguna awam akan mengalami kesusahan dalam penggunaan dan setting. di BlackBerry, semuanya sederhana saja. Cukup beberapa langkah dan anda sudah dapat menikmati layanan BlackBerry.
Untuk prabayar ada sedikit tambahan settingan awal yakni regristrasi atau aktifasi koneksi GPRS dan regristrasi BlackBerry.
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk settingan BlackBerry mulai dari awal.

Prabayar
Khusus untuk prabayar, kita harus melakukan regristrasi/aktifasi GPRS dan BIS (BlackBerry Internet Service) terlebih dahulu, untuk contoh disini kita menggunakan Simpati.

– Registrasi GPRS
KEtik “GPRS” (tanpa tanda kutip) dan kirim ke 6616, dalam beberapa saat anda akan mendapatkan notifikasi “Your request for GPRS setup already received. Please wait max 48 hours for successful activation.” Kemudian jika berhasil akan dapat notifikasi sms yang isinya “Welcome to Telkomsel GPRS Service ! Your service has been activated. Please visit http://www.telkomsel.com for more information.”

– Regristrasi BIS
Ketik “BB REG” (tanpa tanda kutip) dan segera anda akan mendapatkan balasan “Anda akan dikenakan biaya berlangganan BlackBerry Rp.180rb/30 hari. Jika bersedia ketik BBON ke 333. Pastikan ponsel anda telah didukung layanan ini.”

– Aktivasi BIS
Ketik “BB ON” (tanpa tanda kutip) dan segera anda akan mendapatkan notifikasi “Selamat, layanan BlackBerry Prepaid Unlimited Anda telah diaktifkan s/d 23/07/2008. Silahkan restart hp anda & daftarkan email anda di http://telkomsel.BlackBerry.com. Hubungi 116 untuk info lebih lanjut.”

Sebelum anda mulai menggunakan BlackBerry anda, pastikan terlebih dahulu apakah handset anda sudah siap. Ada 3 cara sederhana untuk mengetahuinya :
1. Lihat tulisan d kanan atas, jika tertera GPRS atau EDGE (dalam huruf besar) berarti handset anda sudah terhubung ke server BlackBerry. Jika masih tertera GSM atau GPRS/EDGE berarti handset anda belum siap. Coba matikan wireless atau cabut baterai anda sebentar, jika setelah proses itu masih belum ada GPRS/EDGE maka pastikan kembali apakah anda sudah aktifasi GRPS atau BIS dengan operator anda;
2. Icon E-mail setting seharusnya muncul jika semua proses telah berhasil;
3. Untuk lebih memastikan lagi, buka Options (atau settings, tergantung theme yang anda gunakan) – Advanced Options – Service Book dan lihat apakah sudah ada provisioning. Jika sudah ada berarti kita melangkah ke level berikutnya.

– Selanjutnya kita masukkan email dan sedikit setting, caranya :
Buka Browser -> Tekan Menu – Go To -> Masukkan http:(operator).BlackBerry.com
{dimana (operator) diganti dengan operator anda yaitu Telkomsel, Indosat atau XL}.
Atau lebih gampangnya pilih saja icon E-mail Settings dan anda akan mendapatkan tampilan selamat datang, untuk konfirmasi silahkan pilih Yes dan I Agree.

– Kemudian kita akan diminta memasukkan alamat email kita.

– Langkah selanjutnya adalah membuat user name dan password untuk login ke BIS Client.
Hal ini sangat penting untuk dikerjakan karena jikalau nanti anda memutuskan untuk ganti handset BlackBerry lain, anda akan membutuhkan user name dan password ini atau mengulangi lagi langkah dari awal, juga untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Misalkan handset anda hilang. Biarkan saja account anda yang lama tetap berada di handset yang lama (jangan dipakai lagi account tersebut) dan pencuri handset anda tidak akan bisa memakai handset itu karena account anda masih exist dan terkunci ke PIN handset yang hilang.

Catatan :
Username dan password ini sangat penting, jadi pergunakanlah username dan password yang paling mudah kita ingat.

Selesai semua ini jika kita masih mau menambah email address lain silahkan atau mau membuat email BlackBerry.com bisa dilakukan dan jangan lupa untuk logout. Kita bisa menambahkan sampai 10 alamat email untuk menikmati teknologi email gegas, syarat email yang bisa ditambahkan ke dalam handset hanya cukup memakai protokol POP3 atau IMAP4, mengetahui username dan password, kecuali yahoo.com karena Yahoo! sudah bekerjasama dengan RIM

Sekarang BlackBerry kita siap untuk digunakan.

Sumber Artikel : HP Magazine

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s