Membatalkan Print di Windows XP

Jika kita menggunakan operating system Windows 98, untuk membatalkan pencetakan dokumen yang sedang berlangsung relatif sangat mudah, kita hanya perlu membuka ikon printer disudut kanan bawah, lalu pilih dokumen yang ingin kita batalkan, lalu pilih cancel, maka seketika itu printer akan membatalkan pencetakan, selesai.

Berbeda jika kita menggunakan Windows XP, untuk membatalkan pencetakan, relatif lebih lama dibandingkan dengan Windows 98, ini yang saya pribadi rasakan.
Untuk membatalkan pencetakan dokumen yang sedang berlangsung di Windows XP, saya pernah mencoba berbagai cara, antara lain :

1. Dengan mematikan dan menghidupkan printer
Menurut pengalaman pribadi untuk dokumen yang memiliki halaman yang sedikit/kecil misalnya 1-2 halaman ini mungkin kita bisa membatalkan pencetakan dengan mudah, tetapi kalau yang ingin kita batalkan itu dokumen yang memiliki jumlah halaman yang banyak tentu bukan hal yang mudah, kita tentu tidak cukup dengan mematikan dan menghidupkan printer sebanyak 1 atau 2 kali, barangkali mungkin bisa beberapa kali baru proses pembatalan tersebut berhasil. Jika kita sering menggunakan cara seperti ini (dengan mematikan dan menghidupkan printer) setiap akan membatalkan pencetakan, apakah lama kelamaan tidak merusak printer ?

2. Dengan memilih Cancel All Documents pada menu Printer
Untuk membatalkan dokumen menggunakan cara ini, relatif lebih lama dibandingkan dengan cara yang pertama, kadang-kadang setelah beberapa kali, baru dokumen yang kita pilih untuk dibatalkan pencetakannya tersebut terhapus/hilang pada menu printer.

3. Gabungan cara pertama dan kedua
Dibanding dengan cara pertama dan kedua, cara ini yang lebih sering saya pergunakan, sebelum nantinya saya tinggalkan, yaitu dengan meng-cancel dokumen melalui menu printer terlebih dahulu beberapa kali, baru dilanjutkan dengan mematikan dan menghidupkan printer, jadi relatif sedikit lebih cepat.

Dan cara tercepat untuk membatalkan pencetakan di Windows XP, menurut pengalaman pribadi yaitu dengan cara :

4. Stop the Print Spooler & Delete All Spooled Files
Cara ini saya dapatkan dari Support.Microsoft.com, setelah saya coba hasilnya ternyata tidak mengecewakan, jauh lebih cepat dibandingkan ketiga cara di atas, langkah-langkahnya sebagai berikut :

I. Membuat File Skrip Perintah
– Buka Notepad
– Copy paste perintah di bawah ini ke notepad :
net stop spooler
del %systemroot%\system32\spool\printers\*.shd
del %systemroot%\system32\spool\printers\*.spl
net start spooler
– Di Notepad pilih File, Save As, pada kotak File name ketik C:\DeletePrintJobs.cmd
– Klik Save
Atau anda bisa mendownload langsung filenya disini, kemudian Extract dan simpan di C:

II. Cara Menggunakan/Menjalankan File Skrip Perintah
Untuk membatalkan pencetakan, kita cukup menjalankan file skrip perintah yang sudah kita buat tadi di Notepad, caranya :
– Klik Start, Run …, lalu ketik C:\DeletePrintJobs.cmd, setelah selesai klik Ok

Jika kita ingin lebih mudah lagi dari pada mengetik melalui menu Run, kita bisa menyimpan file skrip perintah tersebut di desktop, dengan cara :
Buka Windows Explorer, lalu ke drive C:, cari dan pilih file DeletePrintJobs.com, kemudian klik kanan pilih Send To, Desktop (Create Sortcut)

Sekarang Shortcut file DeletePrintJobs.cmd tersebut ada di Desktop, jadi jika ingin membatalkan pencetakan dokumen di Windows XP, kita tinggal ke desktop lalu jalankan (double klik) shortcut file tersebut.
maka beberapa saat kemudian printer akan segera menghentikan pencetakannya. Untuk memastikan di memori sudah bersih, kita bisa mematikan dan menghidupkan kembali printer tersebut.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s