9 Tips Mengurangi Stress di Pagi Hari

Suasana pagi hari adalah cerminan dari suasana yang akan kita dapatkan di sepanjang hari. Banyak pakar menyarankan untuk menciptakan suasan pagi hari yang menyenangkand an bebas dari stress. Berikut 9 tips untuk mengurangi stress yang biasa dialami.

1. Persiapkan hal-hal rutin di malam hari

Pekerjaan rutin yang biasa dilakukan di pagi hari, seperti setrika pakaian, menyiapkan bekal makan siang, mencari kunci kendaraan, dll. Tugas-tugas sederhana seperti itu akan memakan waktu kurang dari tiga puluh menit untuk menyelesaikannya. Persiapkan hal-hal seperti itu di setiap malam, hal tersebut akan menghemat waktu dan mengurangi tingkat stress anda di pagi hari.

2. Rencanakan tugas harian yang realistis

Tuliskan secara singkat “To do list” setiap malam untuk hari berikutnya. Jangan memenuhi pikiran Anda dengan kekhawatiran yang tidak perlu dalam daftar ini. Hindari kecenderungan untuk banyak mengisi to do list, buatlah jadwal yang realistis.

3. Hilangkan suara-suara mengganggu

Jika jam alarm membuat suara yang mengganggu, pisau cukur listrik dan wiper kaca depan mobil yang rusak, segera perbaiki. Buatlah nada alarm yang menyenangkan, perbaiki wiper mobil anda dll. Memperbaiki masalah dan hilangkan faktor-faktor stres secara permanen dari kehidupan Anda.

4. Dapatkan tidur yang berkualitas

Pastikan Anda mulai mereda untuk tidur pada jam yang wajar untuk memberikan waktu yang cukup untuk tidur malam yang sehat. Kebanyakan orang membutuhkan antara tujuh dan delapan jam setiap malam. Jika diperlukan, mengatur alarm pengingat waktu tidur pada jam alarm Anda. Selalu menjaga suhu di kamar tidur Anda nyaman dingin. Studi dari National Sleep Foundation menunjukkan suhu yang ideal untuk tidur adalah suatu tempat antara 54 dan 75 derajat Fahrenheit. Untuk tips mendapatkan tidur yang berkualitas bisa juga dilihat disini.

5. Minum air putih saat bangun tidur

Air membentuk 60 sampai 70 persen dari komposisi tubuh kita, sehingga benar-benar penting untuk tetap terjaga dengan baik. Bahkan dehidrasi ringan dapat menyebabkan darah menebal. Hal ini akan memaksa jantung bekerja ekstra dalam rangka mendorong darah yang diperlukan untuk organ Anda, yang akan mengakibatkan kelelahan. Karena tubuh manusia rata-rata menjadi sedikit dehidrasi selama tidur panjang, Anda harus minum segelas air ketika Anda pertama bangun.

6. Lakukan peregangan kecil selama sepuluh menit

Apakah Anda merasa sedikit pening ketika pertama kali bangun? Ini sesuatu yang normal. Yang perlu Anda lakukan adalah memperlancar peredaran darah, yang akan membantu tubuh Anda dalam transisi antara tidur dan terjaga.

7. Mendengarkan musik dan mandi dengan air panas

Beberapa jenis musik menyuntikkan pengaruh positif dan motivasi ke dalam pikiran Anda. Anda harus mendengarkan musik favorit setiap pagi ketika Anda bersiap menjalankan rutinitas. Juga, mandi air panas bisa menjadi salah satu pengalaman yang paling menyejukkan di pagi hari.

8. Jangan mengendarai kendaraan dengan tangki bensin ‘sekarat’

Mengisi tangki bensin mobil sangat mudah, tetapi itu tidak mengambil beberapa menit dari waktu berharga Anda. Lalu mengapa, begitu banyak orang menunda mengisi mobil mereka dengan bensin hingga pagi hari sibuk ketika mereka tidak bisa meluangkan waktu tanpa terlambat? Tidak pernah melakukan ini! Periksa tangki bensin Anda dalam perjalanan pulang.

9. Pastikan anda mengerjakan hal yang disukai setiap harinya.

Bangun untuk menghadapi hari baru jauh lebih memuaskan bila Anda memiliki sesuatu untuk diharapkan. Hidup ini singkat. Pastikan Anda mengatur waktu Anda secara efektif sehingga Anda memiliki waktu untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai setiap hari.

Sumber : http://lifehacks.web.id/9-tips-mengurangi-stress-di-pagi-hari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s