Tips untuk meningkatkan Penjualan anda – “Personalisasi”


Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan dari Gerai anda. Anda bisa memilih untuk promo terus menerus untuk menggapai pembeli baru, tentunya aktivitas ini memerlukan tambahan biaya yang tidak sedikit yang membebani operasional anda.

Tetapi tahukah anda, bahwa anda dapat pula dengan mudah dan murah untuk meningkatkan penjualan dari gerai anda.

Caranya adalah dengan “personalisasi” sehingga membuat pembeli dari produk anda dilayani dengan sentuhan pribadi. Lebih banyak orang akan membeli produk Anda ketika mereka merasa diperhatikan secara langsung kepada kebutuhan mereka tentang kebutuhan masing-masing. Tindakan kecil seperti memberikan bungkus istimewa atau mengirimkan tulisan tangan ucapan terima kasih karena sudah membeli produk anda akan menambahkan sentuhan yang lebih pribadi dalam pengalaman belanja melalui gerai online anda.

Tuliskan langsung ucapan terima kasih anda kepada pembeli sebuah sentuhan pribadi

Perlu diingat, perpindahan dari jualan offline menjadi online tidak berarti sepenuhnya menghilangkan interaksi antara penjual dan pembeli. Dari jaman dahulu kala penjualan sukses di pasar merupakan kombinasi dari interaksi, keramahan dan kejutan yang menyenangkan (seperti diskon tambahan). Berapa kali kita dengar bahwa sebuah toko kecil dikenal karena keramah-tamahan penjualnya atau sebuah keluh kesah karena pelayanan yang tidak baik dari sebuah toko swalayan (ya, meskipun toko itu disebut pelayanan mandiri – swa layan -, tetap pengunjung mengharapkan sentuhan pribadi yang ramah).

Transaksi online tidak menghilangkan sentuhan pribadi, hanya merubahnya dengan cara lain

“Personalisasi” merupakan cara yang jauh lebih murah dibandingkan harus melakukan akuisisi pembeli baru terus menerus, karena melalui “personalisasi” niscaya pembeli akan mengkonversi dirinya menjadi “pelanggan” yang setia terhadap produk. Bayangkan jika anda sudah memiliki basis 100 pelanggan, untuk meningkatkan penjualan 2x lipat tentunya akan lebih mudah  dengan “repeat order” dibandingkan harus mengeluarkan biaya tambahan untuk akuisisi pembeli baru bukan?

Sekarang jikalau anda merasa tidak puas dengan penjualan Online anda yang stagnan, mengapa anda tidak mencoba memberikan personalisasi dalam transaksi “gerai/toko” online anda?

Sumber : http://blog.sedapur.com/2011/12/tips-untuk-meningkatkan-penjualan-anda-personalisasi/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s