Tips Jogging Untuk Dapatkan Manfaat Optimal

Jogging adalah olahraga mudah dan murah yang bisa dilakukan siapa saja. Asalkan dilaksanakan dengan baik dan benar, tentu akan memberikan hasil yang baik bagi kesehatan tubuh. Jika Anda tidak memiliki waktu ditengah kesibukan, cobalah ketika akan melakukan dan sebelum mengakhiri aktivitas Anda habiskan waktu berjalan beberapa menit di trotoar jalan! Mulailah kebiasaan baik ini dari hal yang kecil untuk mendapatkan manfaat yang besar!

Peneliti menemukan bahwa Anda tak perlu mencoba latihan ekstrem untuk bisa hidup sehat. Jogging dengan kecepatan lambat atau rata-rata untuk satu atau dua jam bisa meningkatkan harapan hidup pria 6,2 tahun dan wanita 5,6 tahun, serta mengurangi risiko kematian sebesar 44 persen, seperti dilansir Dailymail, Senin (7/5/2012).

Peneliti percaya jogging memberikan manfaat kesehatan ganda, seperti meningkatkan pengambilan oksigen, menurunkan tekanan darah, mencegah obesitas, meningkatkan fungsi jantung dan meningkatkan fungsi psikologis, serta manfaat banyak lagi.

Tak hanya itu, ada beberapa manfaat lain yang diperoleh dengan rajin jogging di pagi hari, yaitu:

1. Mengurangi stres
Banyak pelari sering mengutip satu manfaat dari jogging di pagi hari, yaitu sebagai penghilang stres yang jangka panjang dapat pikiran Anda menjadi lebih santai.

2. Memperbesar otot
Selain membantu menurunkan berat badan, jogging di pagi hari juga dapat meningkatkan komposisi tubuh dan membantu membangun otot.

3. Segar sepanjang hari
Lari pagi juga membuat paru-paru tubuh terisi oleh udara segar melalui pernapasan, sehingga memberikan kehidupan yang lebih sehat untuk sel-sel darah di dalam tubuh. Serta menciptakan koordinasi yang baik antara pikiran dan juga jiwa.

Berikut Tips jogging untuk mendapatkan manfaat yang optimal;

Alas Kaki Yang Tepat
Ketika Anda berolahraga ringan seperti berlari atau jogging, hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah alas kaki. Pastikan Anda mengenakan sepatu dan kaus kaki atletik. Idealnya, gunakan sepatu lari yang cocok, pas, dan nyaman terpasang di kaki Anda, dan gantilah sepatu Anda bila sudah mulai rusak. Cobalah menemukan sepatu yang terbaik untuk Anda. Risiko yang umum terjadi saat berlari dan jogging jika Anda tidak mengenakan sepatu yang tepat adalah keseleo, cedera lutut, dan lecet. Jadi ketika jogging, pastikan sepatu Anda telah terpasang dengan benar.

Perhatikan Track Jogging Dengan Baik
Pastikan Anda memperhatikan rute dan kondisi track jogging agar terhindar dari cedera akibat tersandung dan lainnya. Jauhkan diri dari tanjakan yang curam, permukaan berbatu, atau yang memiliki banyak hambatan seperti lalu lalang kendaraan dan lainnya.

Berjalan di rute dengan medan yang menantang memang merupakan sesuatu yang seru, tetapi Anda hanya akan merugikan diri sendiri jika Anda tidak terampil dalam hal itu. Ketika Anda jogging atau berlari di medan yang berbukit, lutut kaki dan sendi kaki mendapatkan tekanan yang besar, maka dari itu, Anda harus memulai kegiatan ini dengan berjalan medan datar baru kemudian menambahkan bobot tekanan pada latihan Anda.

Pemanasan Dan Peregangan
Saat berlari ataupun jogging, untuk pemanasan pertama, lakukan pemanasan dan lakukan dengan santai. Jangan berjalan dengan kecepatan penuh, jangan berhenti tiba-tiba. Saat akan berhenti, kurangi kecepatan secara perlahan, baru kemudian Anda berhenti. Mulailah dengan perlahan, dan akhiri pula secara perlahan-lahan agar otot Anda tidak shock. Lakukan peregangan otot untuk mendinginkan kondisi tubuh yang panas.

 

 

Sumber:  duniafitnes.com, detikhealth.com dan doktersehat.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s