Tidak Perlu Khawatir Dengan Kegagalan?

Jika kita pernah mencoba sesuatu hal yang baru dan gagal, saya yakin bahwa kita mempunyai semangat untuk berubah dan saya yakin kita juga mempunyai pengalaman hidup yang luar biasa. Mungkin sudah banyak sekali kegagalan yang kita rasakan dan mungkin juga sebagian dari kita sudah sampai pada taraf ragu akan keyakinan kita sendiri untuk meraih apa yang kita impikan. Mampukah saya? Berhasilkah saya? Sepertinya saya tidak sanggup lagi menghadapi kegagalan.

Dalam artikel kali ini saya akan berbagi dengan Anda semua point tentang kegagalan, mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk anda.

Kegagalan itu menciptakan pilihan-pilihan baru

Mungkin kita tidak dapat menyerap semua pelajaran yang kita terima dari kegagalan – kegagal  kita, namun tetap saja semua itu menjadi harta tak ternilai untuk kita. Karena kegagalan menjadi momen yang tepat dimana kita merenungkan kembali apa tujuan awal kita, melihat di sekeliling dan memutuskan alasan mengapa kita tidak akan menyerah.

Akibat kegagalan kita akan dibawa ke sebuah jalan yang belum pernah kita temukan sebelumnya.

Jalan yang baru akan terbuka, hubungan dengan beberapa orang mungkin akan bertambah banyak, sebaliknya mungkin juga hubungan dengan beberapa orang lain menjadi renggang karena kegagalan kita.

Kegagalan akan melatih kesabaran kita

Jika kita adalah orang yang cepat emosi, apalagi ketika kita mengalami kegagalan, itu adalah satu hal yang sangat alamiah. Saya rasa hampir semua orang merasakan kekesalan atau kemarahan ketika menghadapi kegagalan. Tapi kita jangan memendam kekesalan atau kemarahan kita dan jangan berusaha mencari hal-hal untuk dijadikan alasan kegagalan kita.

Sekali kita menjadikan hal-hal tersebut sebagai alasan kegagalan kita, maka itu akan menjadi bagian dalam diri kita. Karena kita akan membawa alasan itu kemanapun kita pergi sehingga lama kelamaan akan meracuni diri kita sendiri.

Lampiaskan emosi dan kekesalan kita, dalam batas-batas wajar. Mungkin kita ingin melampiaskannya dengan menangis, menangislah. Mungkin anda ingin melampiaskannya dengan pergi ke cafe untuk mendengarkan life musik, pergilah ke café dan lain sebaginya.
Karena masa depan yang sangat cerah masih menanti kita. Kita harus bangkit dan berjalan kembali untuk menggapai semua mimpi – mimpi kita.

Kegagalan adalah  sumber dari kreatifitas

Jika kita tidak pernah mengalami kegagalan maka pikiran kita tidak dirangsang untuk berkembang. Gagal akan mendorong kita menjadi lebih kreatif.

Mari kita ingat-ingat kembali masa kecil kita. Jika kita lupa, kita bisa melihat pada anak kita sendiri atau anak-anak kecil di sekitar kita. Mereka tidak pernah takut akan berbuat kesalaghan ataupun mengalami kegagalan. Mereka melakukan semua apa yang ingin mereka lakukan tanpa berpikir apa resikonya. Kadang mereka jatuh namun dalam sekejap mereka bangkit dan berlari-lari kembali. Mereka kadang menemukan jalan buntu ketika melakukan sebuah permainan namun mereka tidak berhenti, mereka berusaha mencari solusi-solusi yang baru. Akibatnya pikiran mereka begitu kreatif. Kita semua bisa mencontoh pikiran murni mereka yang belum banyak terkontaminasi oleh lingkungan sekitarnya.

Kegagalan mengoptimalkan potensi yang kita punya

Semakin sering kita mengalami kegagalan, otak kita akan semakin dilatih untuk menghadapi permasalahan dan bagaimana mencari jalan keluarnya.

Saya yakin bahwa setiap orang memiliki potensi diri yang sangat besar di dirinya masing-masing. Kita dapat mengetahui kedahsyatan potensi yang kita miliki hanya dengan keberanian menghadapi masalah, tidak ada jalan lain.

Anda memperoleh kekuatan dengan mengalami kegagalan

Bersyukurlah jika kita mengalami kegagala. Karena dengan kegagalan kita sedang disiapkan untuk meraih kesuksesan yang lebih besar. kita akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Mungkin kita sering mengalami kegagalan dan merasa kok jauh sekali dari kesuksesan yang kita impikan, bukan berarti kita tidak mengalami perkembangan. Justru itu kita sedang mengalami pertumbuhan yang luar biasa di dalam diri kita. Mental kita sedang dipersiapkan menuju kesuksesan itu.

Kalau kita mengharapkan keberhasilan yang instan, apapun itu, nasib kita akan seperti rumah  yang tidak mempunyai pondasi  yang kuat. Sedikit goncangan saja, kita akan roboh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s