Mencari Partner Bisnis

Partner Bisnis

Berbisnis dan berteman merupakan dua hal yang sangat berbeda. Jika ingin berbisnis, maka carilah partner bisnis, bukan cari teman. Selain itu, partner bisnis adalah teman, tapi teman belum tentu bisa menjadi partner bisnis.

Jika ingin menjadikan teman Anda sebagai partner bisnis, maka Anda harus menguji seberapa  kesungguhan dan keseriusan teman yang akan menjadi partner bisnis Anda,

Ada beberapa cara menguji Partner Bisnis :
1.  Cara berpikir. Seorang pebisnis, berpikirnya long term ( Jangka Panjang ), bukan short term ( Jangka Pendek ).

2. Cara Menjaga Perkataan. Kenapa ? karena orang berbinis tidak akan sembarangan mengeluarkan omongan .  Mereka tidak sembarangan mengukapkan setiap komentar atau cerita, apalagi rahasia.

3. Mau bersikap terbuka kepada Anda. Sikap inilah yang perlu ditumbuhkan pada Partner Bisnis, karena dengan sikap keterbukan antara satu sama lain tidak akan menimbulkan sikap saling curiga.

4. Partner bisnis biasanya banyak memberi, bukan mengambil. Jika dari awalnya saja, dia cenderung lebih banyak ingin mengambil, lebih baik tidak diteruskan, meskipun dia teman baik Anda. Karena sikap seperti itu bukan sikap partner bisnis yang baik.
5. Punya tujuan sama, yaitu sama-sama ingin memajukan Bisnis yang di bangun.

6. Kejujuran Anda dan Partner Bisnis. Kejujuran dalam dunia bisnis sangat diperlukan, ibarat sebuah rumah, kejujuran adalah pondasi. Saya katakan pondasi karena disini berarti tanpa modal kejujuran, sebuah bisnis akan runtuh dan tidak bertahan lama. Partner akan merasa nyaman ketika dalam sebuah hubungan bisnis didasari kejujuran.
7. Anda dan Partner bisa saling melengkapi. Misalnya, Anda kuat di bidang marketing, dia di bidang Produksi. Anda keluar mencari klien, dia membenahi sistem produksi di dalam. Jadi, sifatnya melengkapi, bukan kompetisi. Supaya tidak ada kompetisi bisnis di dalam internal di kemudian hari.

Lebih bagusnya Anda dan Partner bisnis mengetahu seluk beluk bisnis yang dibangun bersama jangan berperan sebagai partner pasif, tidak memberikan waktu dan tidak melakukan apa-apa untuk usaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s