Antara Bisnis dan Gaya Hidup

binis

Ketika kita sedang memikirkan untuk punya usaha sendiri, kecemasan pertama yang sering muncul dan terlintas adalah soal penghasilan. Dari penghasilan yang rutin didapatkan tiap bulannya, harus berubah menjadi sesuatu yang sepertinya penuh dengan ketidakpastian. Rasa cemas ini bahkan tidak jarang membuat seseorang mundur kembali dan memilih jalan yang “aman” saja.

Kecemas tersebut di atas sebenarnya banyak dipengaruhi oleh karena kita kurang yakin untuk merubah gaya hidup. Karena kebiasaan-kebiasaan yang selama ini kita lakukan telah membentuk zona nyaman buat kita yang memberikan rasa aman, kepastian, dan juga harapan buat diri kita.

Dengan merubah gaya hidup dan haluan kita, maka zona nyaman tersebut menjadi terusik, dan membuat kita ragu, dan bertanya-tanya, apakah dengan berbisnis kenyamanan-kenyamanan yang selama ini kita nikmati bisa dipertahankan atau malah sebaliknya? Itu yang berkecamuk di dalam pikiran kita.

Untuk merubah gaya hidup bukanlah pengalaman yang mudan dan menyenangkan bagi kebanyakan orang. Terlebih lagi karena perubahan tersebut biasanya membuat mereka menjadi lebih sulit mendapatkan berbagai kemewahan hidup.

Kita ambil contoh saja soal kartu kredit. waktu menjadi karyawan, kita bisa dengan mudah untuk gesek sana, gesek sini, karena kita tahu di akhir bulan nanti akan ada pemasukkan yang pasti untuk membayar tagihan-tagihan yang sudah kita gesek tadi. Tapi ketika menjadi pemilik usaha? kebiasaan gesek sana, gesek sini, dengan menggunakan kartu kredit lebih dibatasi dan lebih dicermati pemakaiannya.

Mungkin banyak tidak nyamannya, namun perubahan gaya hidup itu perlu karena akan mendidik kita untuk lebih menghargai uang. Kita menjadi lebih disiplin dan terlatih untuk mengalokasikan dana sesuai kebutuhaaannya. Kita akan lebih bisa mengontrol keinginan-keinginan yang kurang bermanfaat untuk diabaikan atau di tunda dulu, kita akan menjadi lebih berhati-hati, serta membiasakan diri kita untuk lebih bersabar.

Mungkin banyak yang berpendapat bahwa suksesnya sebuah usaha kecil dipengaruhi oleh strategi bisnis, cara pengelolannya dan kerja keras pemiliknya.

Tapi jangan lupa  bahwa kesuksesan usaha kecil juga dipengaruhi oleh gaya hidup si pemiliki usaha. Jika seorang pemilik usaha tidak mau merubah gaya hidupnya dan menjadi tidak bisa adaftasi dengan tuntutan sebagai pelaku usaha, maka hampir dipastikan bisnis yang dijalaninnya menjadi sulit untuk berkembang.

Mari kita pikirkan kembali apakah gaya hidup kita selama ini sudah membantu bisnis kita untuk lebih maju, atau malah menghambat pertumbuhan Bisnis Kita?

Mudah – mudahan Bermanfaat. Sukses……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s