Cara Memilih Domain untuk SEO : Branding vs Keyword – Rich

Internet-marketing

Jika anda saat ini baru atau sedang berfikir akan membuat sebuah website dan sedang bingung memilih nama domain yang tepat maka mudah-mudahan artikel ini bisa membantu anda. Sebenarnya memilih domain itu tidak terlalu sulit, setidaknya ada dua pendekatan yang bisa dilakukan dalam memilih suatu domain yang pertama anda bisa menggunakan nama brand usaha/produk anda sebagai nama domain yang disebut dengan istilah BRANDED DOMAIN (BD) atau anda bisa membuat domain yang terdiri dari keyword-keyword atau dikenal dengan istilah KEYWORD-RICH DOMAIN (KRD).

Sebagai contoh saya memiliki usaha toko buku islam online dengan brand SAHABATMUSLIM, sebagai pemilik saya memiliki pilihan untuk menggunakan BRANDING DOMAIN dengan nama domain sahabatmuslim.com atau saya memilih KEYWORD RICH DOMAIN seperti tokobukuislam.com .

Keyword-Rich Domains

Sebuah domain yang menggunakan satu atau dua keyword dapat disebut dengan keyword rich domain.

KRD memiliki sifat domain yang terfokus, sehingga sudah seharusnya domain yang anda pilih merefleksikan (menjelaskan dengan pasti) konten dari website atau bisnis/produk anda tawarkan. Setidaknya ada beberapa alasan mengapa KRD digunakan :

  1. Ada beberapa orang yang mempercayai bahwa website yang menggunakan KRD terbukti mempercepat proses agar website tersebut mendapatkan ranking terbaik di hasil pencarian search engine (SERP). Namun dalam update Google terbaru banyak website dengan KRD mendapatkan penalti oleh Google karena dianggap melakukan kecurangan (Black Hats SEO).
  2. KRD cocok digunakan untuk website yang spesifik memiliki satu jenis produk atau layanan/service. Sebagai contoh jika anda menjual bunga dan tidak memiliki brand toko maka anda dengan mudah bisa menggunakan domain tokobunga.com namun jika anda menjual (berencana menjual) juga produk selain bunga atau anda ingin lebih menguatkan brand toko anda maka anda sebaiknya menggunakan branded domain.
  3. Pada saat pengunjung melihat hasil pencarian Google (Search engine) maka hanya dengan melihat nama domain pengunjung dapat langsung mengetahui produk apa yang ditawarkan sehingga website dengan KRD memiliki kemungkinan lebih sering dipilih/klik oleh pengunjung dibandingkan dengan domain lainnya.

Adapun kekurangan dari keyword-rich domains:

  1. Saat ini sedikit agak sulit mendapatkan KRD yang tanpa menggunakan tanda penghubung strip (-) sehingga anda perlu membayar lebih mahal (membeli dari broker domain/pihak ketiga) jika anda ingin menggunakan domain tanpa tanda penghubung.
  2. Seperti sudah dijelaskan diawal bahwa saat ini Google terus melakukan updating logaritma mesin pencariannya sehingga anda perlu ekstra hati-hati jika ingin tetap menggunakan KRD. Berdasarkan pengalaman, domain dengan dua keyword yang dihubungkan dengan satu tanda baca penghubung strip masih dianggap wajar oleh Google namun apabila lebih dari satu bisa dianggap spam sehinga mendapatkan penalti (hukuman) oleh Google.
  3. Domain dengan banyak tanda penghubung membuat sulit diingat dan apabila pengunjung salah (lupa) menuliskan tanda penghubung tersebut akan menyebabkan pengunjung anda ke website lain (kompetitor).

Branded domains

Branded domains tidak menggunakan keyword sehingga membuat domain menjadi lebih pendek, lebih unik dan mudah diingat. Perlu anda ingat branded domain yang pilih harus menggambarkan produk/service anda sehingga anda disarankan untuk tetap menggunakan nama usaha sebagai Branded Domain.
Adapun kelebihan dari branded domains adalah:

  1. Google sangat senang dengan Branded Domain tentunya yang memiliki konten berkualitas. Seperti yang disampaikan oleh Eric Schmidt (CEO-Google) ” Brands are the solution, not the problem. Brands are how you sort out the cesspool.” maka dalam updating Engine terbarunya Google memberikan nilai lebih kepada website dengan Branded Domain khususnya dalam menentukan apakah website tersebut berkualitas atau tidak.
  2. Kebalikan dari KRD, branded domain tidak memiliki sifat yang unik hanya untuk satu produk sehingga dengan menggunakan branding domain anda bisa menggunakan satu alamat domain untuk semua service/produk yang anda tawarkan.
  3. Lebih mudah untuk mendapatkan alamat domain dengan ekstensi  .com
  4. Domain lebih unik dan pendek sehingga tidak membutuhkan tanda baca penghubung (-) dan mudah di ingat.
  5. Branded domain dapat dijadikan intangible assets sebab nama domain dapat  didaftarkan sebagai merek di Ditjen HKI. Pendaftaran nama domain sebagai merek setidaknya menghalangi pihak lain memakai dan mendaftarkan nama domain Anda sebagai merek di Ditjen HKI bagi produk atau jasa yang sejenis dengan produk/jasa pemilik website. Dalam memilih nama domain sebagai alamat website juga perlu memastikan bahwa nama domain tidak melanggar hak merek pihak lain. Jika terbukti adanya pelanggaran hak, maka pemilik website dapat kehilangan haknya atas nama domain yang bersangkutan akibat tuntutan hukum pemilik merek yang sah.

Adapun kekurangan Branded Domain adalah:

  1. Domain tidak dapat langsung mencerminkan isi atau konten dari website, sehingga pengunjung perlu mengunjungi website terlebih dahulu untuk mengetahui apa konten/produk anda. Namun hal ini dapat disiasati dengan mengoptimalkan meta-description dari website anda.
  2. Membutuhkan biaya lebih untuk marketing dan iklan untuk membangun brand awareness
  3. Walaupun bertolak belakang dengan pernyataan tentang kelebihan Branded Domain namun ada beberapa orang masih mempercayai bahwa Branded Domain membutuhkan waktu yang lebih lama agar website bisa mendapatkan ranking terbaik di hasil pencarian search engine (SERP) dibandingkan jika menggunakan Keyword Rich Domain.

Semoga artikel diatas dapat memberi panduan kepada anda, domain jenis apa yang seharusnya dipilih, jika ada yang kurang jelas silakan tinggalkan komentar dibawah dan jika dirasakan artikel ini bermanfaat silakan klik tombol share this😉

sumber : http://tikak.com/cara-memilih-domain-untuk-seo-branding-vs-keyword-rich

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s