6 Tips Singkat dalam membuka usaha

batu-numpuk-300x200

Saya memang bukan Bill Gates, Steve Jobs atau Ciputra , namun sekarang ini saya sedang membuka usaha dan hasilnya sudah cukup lumayan, dan inilah tips-tips singkat dari pengalaman saya.

1. Jangan Resigned (Berhenti Bekerja) sebelum Usaha kamu sudah menghasilkan.

Kecuali sangat terpaksa sekali menurut saya jangan berhenti di tempat kerja yang sekarang sebelum usaha impian kita menghasilkan, jika memang kita benar-benar passionate dengan usaha yang ingin kita bangun maka kita pasti akan mencari cara untuk membangun usaha kita sementara kita masih bekerja. Tujuan dari nasehat ini sederhana : Jangan mengorbankan kehidupan keluarga kita (anak, istri, suami orang tua, dll) . Usahakan untuk mencari cara dimana “dapur” tetap ngebul tanpa mengorbankan kehidupan keluarga kita.

2. Bisa buat product belum cukup, pastikan pasarnya juga sudah kamu kuasai.

Bagus kalau kamu bisa membuat sebuah product itu sudah satu langkah maju, pertanyaan berikutnya apakah kamu sudah mempunyai pelanggan atau pasar yang mau membeli product tersebut ? apakah pembeliannya berlanjutan (continue) ? kalau belum, jangan berhenti bekerja dulu cari dulu pasarnya, kalau memang skill set kita bukan didalam menjual tidak apa-apa cek point 3 dan 4

3. (Jika) Cari Partner yang memberikan kontribusi optimal

Saya selalu mencari paling tidak 1 partner didalam usaha saya, banyak orang lain yang one man show, cuma kalau saya lebih prefer untuk mencari partner yang secara kepribadian bisa saja bertolak belakang, namun kita masih bisa bekerja sama dan secara skill berbeda dari saya, tujuannya adalah agar kami bisa saling melengkapi.

4. (Jika) Cari Mentor, cari yang mempunyai Network.

Dari pengalaman saya, saya setiap kali membuka usaha saya selalu menunjuk 1 atau 2 orang Mentor yang pada umumnya jauh lebih tua dari saya dan sudah lebih lama berkecimpung didunia bisnis,tujuannya sederahan saya membutuhkan akses Network Business Partner yang mereka miliki, hal ini akan sangat memudahkan saya didalam menjual product dan jasa-jasa saya.

Kalau sudah kenal biasanya ketika menawarkan Product dan Jasa kita tidak perlu melalui proses pitching, surat penawaran dll, cukup bercakap-cakap dan nego harga biasanya dengan mudah di tejadi karena faktor “perkenalan dan network bisnis” . Proposal dan surat penawaran dll hanya formalitas yang menyusul belakangan.

5. Pastikan sudah punya biaya hidup cukup untuk hidup 6 bulan tanpa pemasukan (income)

Pendapatan didalam Bisnis tidak menentu kembang kempis dan waktu pembayaran dari client tidak fix seperti gajian, dan pasti ada saat-saat dimana bisnis sedang sepi dan tidak ada client, sebagai wirausaha kita harus siap secara finansial untuk bisa hidup selama saat-saat sepi tersebut.

6. Jangan pernah nganggur

Ketika kamu sudah menjadi seorang wirausahawan, perlu diingat ketika kamu nganggur (tidak melakukan apa-apa) itu artinya kamu tidak melakukan apapun yang akan mendatangkan uang, berbeda ketika masih menjadi karyawan ketika kita nganggur gaji akan tetap datang di akhir bulan, sekarang kita sudah menjadi wirausahawan, apa yang kita kerjakan hari ini akan mendatangkan uang di masa yang akan datang, jadi kalau kita nganggur sekarang maka di masa yang akan datang tidak akan ada pemasukan.

Sumber : http://sapiterbang.asia

Leave a Reply

