Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Membuat Toko Online

Saat ini, terjun di bisnis online bukan menjadi hal yang sulit bagi setiap pemula maupun pelaku usaha. Berbagai macam situs media online bahkan kini bisa dimanfaatkan dengan mudah oleh masyarakat untuk membuka toko online.

Persiapan membangun toko online juga perlu perencanaan yang matang . Jika anda menginginkan toko online anda maju dan berdaya jual tinggi, maka anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Persiapan-persiapan tersebut meliputi beberapa aspek penting yang akan mendukung anda mendapatka banyak pengunjung dengan mudah.
Dibawah ini merupakan beberapa aspek yang harus anda perhatikan jika ingin mulai membangun bisnis online yang bisa anda jalankan dimana saja. Selamat mencoba!

1. Apa tujuan Anda membuat website?

Anda harus memahami betul apa saja yang bisa dilakukan oleh sebuah website untuk bisnis Anda, paling tidak ada fungsi : Branding, Marketing dan Sales

Setelah Anda tahu fungsi – fungsi diatas mana yang saat ini paling Anda butuhkan, tentunya disesuaikan dengan budget atau anggaran yang Anda miliki, semakin banyak fungsi yang ingin Anda dapatkan maka makin kompleks struktur dan fitur website yang harus Anda buat dan tentunya membuat biaya pembuatannya semakin mahal.

2. Sumber daya apa yang Anda miliki?

Membuat website atau toko online berarti menambah lagi satu urusan yang harus Anda kendalikan dan maintain dengan baik dan benar. Bagi Anda pebisnis yang memiliki latar belakang IT atau bisa membuatan website mungkin hal ini terlihat remeh dan bukan sesuatu hal yang menyulitkan untuk Anda, tapi bagi Anda yang sama sekali tidak paham mengenai teknis pembuatan website maka Anda harus juga menghitung seberapa banyak waktu yang Anda bisa luangkan untuk belajar mengenai website Toko Online Anda.

Atau bila Anda tidak cukup punya banyak waktu untuk mempelajarinya, maka Anda harus menyiapkan biaya yang cukup untuk membuat dan merawat toko online Anda dengan baik. Seberapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan? kembali ke tujuan di poin pertama tadi dan tergantung seberapa banyak Anda memiliki relasi yang memiliki keahlian dalam pembuatan website. Dan ada juga bisa menggunakan Jasa pembuatan website  atau toko online bisa menjadi solusi untuk Anda.

3. Anda Harus fokuskan bisnis Anda terlebih dahulu

Cukup banyak pebisnis yang belum memahami betul di mana letak fokus bisnis yang sedang dia jalankannya, apakah ia sebagai Produsen, Penjualan/trading, Eceran atau distribusi?

Apabila Anda adalah seorang pebisnis single fighter atau tidak memiliki partner yang punya keahlian berbeda dengan Anda, maka fokuslah di salah satu bentuk bisnis. Dengan begitu Anda bisa lebih memahami tujuan bisnis Anda yang kemudian akan dituangkan ke dalam website.

Karena dalam tulisan ini saya sedang membahas tentang toko online, maka fokus bisnis yang paling sesuai dengan website jenis ini menurut saya adalah para pedagang/trader, jika Anda adalah seorang produsen brand/merek tertentu lebih baik tidak menghabiskan waktu Anda membangun toko online, tapi bangunlah website untuk keperluan branding dan penjualan dalam jumlah besar/grosir/keagenan.

4. Gabung dengan pebisnis sejenis yang lebih dulu online

Ini merupakan salah satu hal penting yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan apakah Anda akan masuk ke dunia online, Anda harus paham betul konsekuensi berjualan di internet. Jangan hanya tergiur dengan keberhasilan orang lain yang sudah sukses dalam bisnis online dan potensi berjualan di internet yang sangat besar, tanpa Anda mengetahui tantangan yang akan Anda hadapi dan bagaimana tips-tips tertentu untuk bisa melalui tantangan-tantangan tersebut..

Anda harus banyak bergabung dengan orang – orang yang sudah teruji dan sukses dalam praktek bisnis online. Anda patut meminta pendapatnya dan bila Anda siap menerima segala resikonya segeralah membuktikannya sendiri dalam bisnis Anda. Karena dengan memprakterkan Anda akan mengetahui segala resikonya, Anda akan lebih siap ketika masalah datang dalam berbisnis online, dan Anda akan lebih percaya diri dan tidak panik untuk berpikir mencari solusinya.

5. Stok yang Anda miliki?

Untuk poin ini memang tidak mutlak harus Anda sediakan, karena saat ini sudah banyak model bisnis dropship yang membuat Anda tidak harus menyetok barang banyak-banyak. Namun intinya adalah seberapa siap dan cepat Anda bisa menyediakan barang yang pembeli Anda butuhkan?

Jangan membuat cukup banyak orang yang kecewa karena tidak bisa mendapatkan barang yang diinginkan. Nah hal itu bukan tidak mungkin menimpa Anda, Anda tidak pernah tahu bagaimana respon pasar online sebelum benar-benar terjun ke dalamnya, dan sangat saya sarankan kita harus siap menerima serbuan pembeli yang datang secara eksponensial (berkali-kali lipat) karena memang potensi pasar online sangatlah besar. Oleh karena itu banyak pebisnis besar mulai berani merangsek masuk ke pasar online dengan modal promosi yang sangat besar.

6. Tentukan Pilihan Domain dan Hosting

Nama domain juga sangat menentukan bagaimana toko online anda akan mudah ditemukan jika para calon pembeli mencari dengan keyword tertentu di mesin pencari. Usahakan memkai nama yang mudah diingat dan gampang dicari. Yang penting juga jangan sembarangan memilih jasa pendaftaran domain.

7. Tentukan kata kunci yang tepat

Sebuah toko online yang tidak tepat dengan kata kunci bagaikan sebuah kendaraan yang tidak mempunyai arah tujuan. tentukan kata kunci/keyword toko online anda, bagaimana tingkat persaingannya, dan berapa kata kunci yang akan ditentukan dalam situs jual beli Anda nantinya, tentu pembahasan ini akan saya tulis dalam pembahasan yang lain..

8. Tingkatkan Traffic Toko Online Anda

Pada 3 bulan pertama, mungkin Google belum mengenali website anda. Oleh karena itu anda harus melakukan promosi yang gencar agar banyak calon pengunjung yang tertarik membuka website anda. Dengan begitu traffic toko online anda akan meningkat dan terdekteksi oleh mesin pencari. Promosi situs online Anda di media online seperti Facebook, twitter, dan media online lainnya baik cetak atau elektronik. Untuk itu persiapan yang bisa Anda lakukan sebelum itu adalah menentukan media yang dipilih sehinggan Anda bisa membuat akun-akun nya sebelum toko online dibuat. Cara ini sangat tepat untuk promosi jangka pendek, karena untuk Jangka panjang tentu toko online anda harus bisa bersaing dengan toko online lainnya di situs mesin pencari seperti Google. Untuk Jangka panjang ini Anda perlu mengoptimasikan situs Anda dengan kata lain Optimasi SEO.

 

Itulah kira-kira 8 hal terpenting yang harus Anda perhatikan sebelum membuat toko online untuk bisnis Anda, semoga tulisan ini ada manfaatnya dan bisa membantu perkembangan bisnis Anda. SUKSES untuk Semuanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s