Tips Memulai Bisnis untuk Pemula

binis pemula risnawan

Tren berwirausaha sekarang ini semakin ramai terdengar. Di mana-mana ada ajakan untuk meninggalkan status karyawan menjadi pengusaha. Banyak seminar dan buku-buku tentang wirausaha pun semakin laris di pasaran.  Semakin banyak pula yang tertarik untuk memulainya.

Ada yang dengan mulus dan sukses, namun ada juga yang jatuh saat mulai usaha atau melangkah, dan akhirnya kembali lagi menjadi karyawan.

Menjadi pengusaha memang menyenangkan. Anda tidak lagi terikat oleh jam kerja rutin yang mengharuskan Anda berangkat pagi dan pulang sore setiap hari. Dengan menjadi pengusaha, Anda bisa mengatur sendiri waktu kesibukan dan liburan Anda dan liburan buat keluara Anda.

Anda yang tertarik ingin menjadi pengusaha, ada baiknya memahami dahulu tips – tips apa saja yang harus Anda persiapkan agar tidak gagal.

Mulailah merintis bisnis saat masih menjadi karyawan. Jika saat ini Anda masih menyandang status karyawan, jangan buru-buru memutuskan berhenti dari pekerjaan Anda sekarang. Namun, mulailah merintis bisnis Anda. Tapi harus diingat, untuk berbisnis Anda membutuhkan uang. Maka sisihkanlah dari gaji Anda untuk membiayai usaha Anda. Ketika bisnis Anda sudah benar-benar menghasilkan keuntungan yang membuat Anda tak lagi bergantung kepada gaji, itulah saat yang tepat untuk keluar dari pekerjaan Anda atau istilahnya bakar kapal.

Mulailah Jual yang Anda Minati. Dalam bisnis, passion memainkan peran penting. Jika Anda memiliki minat pada hal tertentu, lihatlah peluang usaha yang mungkin bisa dibangun dari minat tersebut. Mulailah dari hal-hal yang kecil, dan tetap fokus pada pengembangan usaha yang sesuai minat Anda tersebut. Jika Anda minatnya buat kue, mungkin Anda akan sukses jika membuka toko kue atau jualan kue.

Bisnis Bukan sambilan. Bisnis tidak akan sukses kalau dijalan sebagai sambilan. Meskipun Anda tergolong pemula dalam bisnis, bukan berarti Anda tidak bisa profesional untuk mengelolanya. Anda harus banayak belajar cara mengelola bisnis Anda, lakukan riset, buat perencanaan dan diskusikanlah dengan orang-orang yang profesional di bidang itu kalau perlu Anda harus cari mentor supaya binis Anda Cepat berkembang. Walaupun Anda mempunya rutinitas kerjaan di kantor tidak menjadi alasan Anda tidak memiliki waktu untuk menjalankan bisnis Anda.Anda harus ingat, dalam berbisnis yang dibutuhkan adalah keseriusan. Jika Anda serius menjalani bisnis yang Anda ristis, maka hasilnya pun akan “Luar Biasa”. Karena bisnis yang dikerjakan dengan serius, cepat atau lambat pasti akan memberikan hasil yang kita harapkan.

 

Semoga tips ini bermanfaat kalau ada saran dan tambahan silahkan kasih Commen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s